Fungsi paranet untuk budidaya jahe

Fungsi paranet untuk budidaya jahe

Dalam kegiatan budidaya jahe, sering kali akan dijumpai berbagai gangguan yang menyebabkan kegagalan budidaya yang tengah dilakukan.  Bermacam-macam gangguan penyebab kegagalan budidaya jahe diantaranya dapat disebabkan oleh cuaca maupun hama tanaman.

Gangguan budidaya jahe, baik saat proses budidaya jahe merah maupun jahe gajah dapat ditemui dari cuaca yang sering hujan lebat, angina kencang maupun sengatan terik sinar matahari siang hari, seringkali membuat petani jahe mengalami gagal panen.

Selain itu, terik panas matahari dan curah hujan lebat maupun angina kencang akan mengancam keberlangsungan hidup tanaman yang masih berupa bibit. Tidak terkecuali bibit jahe merah yang masih berusia dibawah 3 bulan, memang membutuhkan perawatan lebih. Bibit jahe merah yang masih berumur dini, belum memiliki akar kuat dan dalam. Karena pengaruh cuaca ini, bibit yang masih lemah dapat tercabut disebabkan cuaca. Sehingga mengakibatkan tanah disekelilingnya tersapu hujan dan angina maupun kekeringan terkena terik sinar matahari.

Gangguan dalam budidaya jahe gajah maupun jahe merah juga dapat dijumpai dari pengrusakan yang dilakukan oleh hewan. Seperti ayam yang suka memakan daun jahe yang masih ranum, kambing maupun burung yang juga sering merusak tanaman jahe yang sudah dibudidayakan.

Lalu apakah ada solusi untuk masalah gangguan dalam budidaya jahe ini? Tentu saja jawabannya selalu ada solusi dalam setiap masalah. Solusi yang dapat diambil adalah dengan memasang paranet.  Paranet terbuat dari jarring plastic dengan ketebalan bermacam-macam.

Paranet memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna dalam budidaya jahe, diantaranya adalah :

  1. Mengatur intensitas matahari sesuai kebutuhan dapat juga berfungsi sebagai peredam sinar matahari
  2. Pemecah air hujan, agar tidak langsung mengenai bibit jahe, air hujan dipecah menjadi kepyaran kecil-kecil sehingga penyerapan air hujan ke dalam bibit dapat dilakukan dengan baik, tanpa menghancurkan bibit.
  3. Menaungi dan menahan sinar matahari, sangat cocok untuk bibit jahe yang masih berusia dibawah 3 bulan, karena tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari.
  4. Melindungi dari serangan binatang pengganggu, dengan memasangi paranet disekeliling tanaman jahe, membantu menghindari dari serangan ayam, kambing dan pemasangan paranet diatas budidaya jahe gajah maupun jahe merah dapat mencegah dari serangan burung.
  5. Ketebalan paranet dapat dipilih, bahan pembuatan pun ada banyak varian pilihan.

Bagi anda yang ingin mencoba budidaya jahe, jangan takut dan khawatir. Segera bulatkan tekad, ambil langkah maju dan mulailah berkebun jahe. Anda bebas menentukan pilihan mau budidaya jahe merah, jahe gajah, ataupun jenis jahe lainnya.

Jika anda kesulitan menemukan penjual bibit jahe disekitaran anda. silahkan dapat menghubungi kami, kami siap menerima pesenan dari seluruh wilayah Indonesia. Kami juga siap mengantarkan pesanan keseluruh wilayah Indonesia melalui banyak pilihan cargo. Kami juga melayani pembelian bibit jahe Bagi yang ingin membeli bibit jahe langsung ke tempat kami (COD) . info lebih lengkap silahkan dapat menghubungi kami di :

Admin 1          : 0878-3839-3451

Admin 2          : 0812-2830-5869

Admin 3          : 0899-8869-758

PIN BB           : 579D8E32

Fungsi paranet untuk budidaya jahe

Fungsi paranet untuk budidaya jahe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *