Mengenal karakteristik bibit jahe unggul

Mengenal karakteristik bibit jahe unggul

Tanaman jahe biasanya diperbanyak melalui pembiakan vegetatif, yakni dengan cara memotong rimpangnya untuk ditanam kembali. Walaupun terkesan sangat mudah untuk membuat bibit sendiri. Tetap harus diperhatikan kualitas bibit jahe merah maupun bibit jahe gajah yang akan digunakan, bibit yang baik akan membuat pertumbuhan dan produksi tanaman juga baik.

Untuk memperoleh kualitas bibit jahe merah dan bibit jahe gajah yang baik juga unggul, perlu diperhatikan beberapa hal yang mempengaruhi :

  1. Rimpang bibit jahe diambil dari rimpang yang segar.
  2. Rimpang bibit jahe diambil dari tanaman yang sehat, rimpang jahe merah maupun rimpang jahe gajah yang akan digunakan tidak terluka.
  3. Rimpang yang dipilih untuk bibit jahe sudah berumur tua.
  4. Rimpang yang akan digunakan sebagai bibit jahe memiliki 3 mata tunas atau lebih.
  5. Bagian rimpang yang terbaik untuk dijadikan bibit jahe adalah rimpang pada ruas ke dua dan tiga.
  6. Kebutuhan bibit dapat berbeda-beda setiap jenis jahe yang akan dibudidayakan (untuk budidaya jahe merah memerlukan bibit 1-1,5 ton/ha, sedangkan untuk bibit jahe gajah 2-3 ton/ha).
  7. Rimpang yang telah terinfeksi penyakit, tidak dapat dijadikan bibit karena merupakan sumber penularan penyakit.
  8. Bibit jahe yang digunakan harus dipastikan bukan dari kebun yang terinfeksi bakteri dan penyakit-penyakit penyerang rimpang jahe.

Penggunaan bibit jahe berkualitas untuk menunjang keberhasilan budidaya jahe merah maupun jahe gajah, sangat diperlukan agar pertumbuhan tanaman jahe dapat tumbuh dengan optimal, hasil yang ditargetkan pun berpotensi tercapai bahkan akan menghasilkan panen diluar ekspektasi para petani.

Semua ini berawal dari pemilihan bibit jahe yang unggul, jangan sampai salah menentukan kualitas bibit, karena akan berpengaruh besar terhadap hasil panen dari tanaman jahe yang diinginkan. Lahan yang meghasilkan panen jahe merah maupun jahe gajah yang melimpah tentu akan membuat gembira para petani jahe.

Selain itu para petani juga harus membekali diri dengan banyak belajar cara budidaya jahe merah dan jahe gajah dengan baik, sehingga akan di dapatkan keseimbangan antara pengetahuan maupun pemeliharaan dalam budidaya jahe.

Demikian sedikit uraian dari penulis, bagi pembaca yang tertarik mencoba budidaya jahe, kami menyediakan rimpang bibit jahe merah dan juga bibit jahe gajah dengan kualitas unggul. Silahkan segera menghubungi kami untuk info lebih lanjut :

Admin 1          : 0878-3839-3451

Admin 2          : 0812-2830-5869

Admin 3          : 0899-8869-758

PIN BB           : 579D8E32

Mengenal karakteristik bibit jahe unggul

Mengenal karakteristik bibit jahe unggul

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *