Pengadaan bibit untuk budidaya jahe

Pengadaan bibit untuk budidaya jahe

Dalam usaha budidaya jahe merah maupun jahe gajah, pengadaan bibit termasuk kedalam prioritas penting sebelum memulai budidaya jahe. Terutama sebagai jaminan kontinuitas. Bibit yang tidak berkualitas baik akan menghasilkan produk rimpang jahe yang tidak baik pula.

Dengan demikian, perlu dicari tahu tentang pengadaan bibit jahe merah maupun jahe gajah yang benar-benar baik kualitasnya. Adapun pengadaan bibit jahe dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan membeli, mencari atau mengusahakan sendiri, dan juga bisa juga dengan menerima bibit jahe yang sudah jadi atau bertunas.

Pengadaan bibit dengan memesan/ membeli

Bibit jahe dapat diadakan dengan cara memesan atau membeli. Oleh karena itu, calon pembudidaya jahe harus jeli memilih bibit berkualitas dari penjual, perlu ditanyakan juga usia bibit jahe yang dijual, apakah sudah masuk kriteria umur siap tanam atau belum.

Calon pembudidaya jahe juga memiliki keuntungan tersendiri jika memilih mendapatkan bibit dari membeli kepada penjual bibit jahe, terutama para penjual yang sekaligus sebagai petani. Karena para calon pembudidaya jahe dapat menggali informasi lebih lanjut tentang cara budidaya jahe merah maupun jahe gajah. Sehingga pengetahuan tentang budidaya jahe semakin bertambah.

Menerima jadi

Untuk para petani pembudidaya jahe gajah maupun jahe merah, yang telah menjalin kemitraan dengan para pengusaha jahe gajah maupun jahe merah, biasanya akan menerima bibit jahe dari para pengusaha yang telah bekerja sama dengan petani, ataupun bisa dengan pemberian bibit jahe dari pihak ke tiga yang telah ditunjuk langsung oleh pengusaha jahe, kemudaian hasil panen jahe akan ditampung oleh para pengusaha jahe tersebut.

Kemudian jahe yang telah diterima oleh pengusaha jahe bisa saja dijadikan produk ekspor jahe gajah maupun jahe merah, atau bisa juga diolah kembali menjadi minuman serbuk yang akan di pasarkan secara kontiniu.

Mengusahakan sendiri

Sebagian besar para petani tanaman jahe mengupayakan bibit dengan cara mereka sendiri. Biasanya mereka memperoleh bibit jahe dengan cara membibit sendiri. Bibit jahe bisa di dapatkan melalui cara panen yang disisakan menjadi bibit semai, atau dengan membeli rimpang jahe kemudian disemai sendiri.

Rimpang yang akan dijadikan bibit jahe, di seleksi terlebih dahulu, sehingga rimpang yang akan dijadikan bibit memang dari rimpang pilihan yang berkualitas. Untuk cara penyemaian bibit pun dilakukan dengan seksama, mulai dari pemilihan rimpang unggul sampai menyediakan tempat penyemaian. Hal ini bertujuan agar hasil panen yang dihasilkan dari proses seleksi rimpang dapat memproduksi hasil panen yang memuaskan.

Demikian uraian dari penyusun, semoga para pembaca dapat mengambil manfaat dari susunan tulisan yang telah dibagikan. Bagi para calon pembudidaya jahe merah dan jahe gajah. Tidak usah risau dalam pengadaan bibit jahe. Apabila anda menemui kesulitan dalam membeli bibit jahe, baik bibit jahe merah maupun bibit jahe gajah, silahkan menghubungi kami di :

Admin 1                                 : 0878-3839-3451

Admin 2                               : 0812-2830-5869

Admin 3                                : 0899-8869-758

PIN BB                                     : 579D8E32/5F700F53

Pengadaan bibit untuk budidaya jahe

Pengadaan bibit untuk budidaya jahe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *