Perlunya pemupukan dalam budidaya jahe

Perlunya pemupukan dalam budidaya jahe

Pemupukan dalam budidaya jahe sangat diperlukan, hal ini bertujuan membuat tanah yang akan dipergunakan menanam jahe menjadi subur, gembur dan menunjang pertumbuhan tanaman jahe. Tanaman jahe termasuk tanaman monokotil, sehingga akarnya disebut akar serabut, dan biasa disebut juga dengan akar buku karena keluar dari buku rimpangnya.

Akar-akar serabut dari jahe ini lah yang berfungsi dalam penyerapan unsur hara di dalam tanah, dan unsur hara ini dapat diperoleh dari hasil pemupukan. Dalam pemupukan dalam budidaya jahe bertujuan menggemburkan tanah dan tanaman jahe itu sendiri. Selain sebagai penyedia unsur hara, pemupukan yang dilakukan secara tepat mempunyai fungsi lain sebagai berikut :

  1. Menggemburkan tanah sebagai media tanam
  2. Menambah unsur hara atau esensial yang dibutuhkan tanah
  3. Media tumbuh beberapa mikroorganisme
  4. Menambah oksigen dalam struktur tanah

Jika ingin mendapatkan hasil panen yang optimal, pupuk dapat diberikan saat penanaman bibit jahe merah maupun bibit jahe gajah. Pupuk yang digunakan pada budidaya jahe gajah maupun budidaya jahe merah dapat berupa pupuk organik dan anorganik. Pupuk organik dapat diperoleh dari kotoran ternak yang sudah diendapkan (matang) , pupuk bokhasi, dan dapat juga menggunakan pupuk organic cair. Untuk pupuk anorganik dapat menggunkan pupuk-pupuk kimia yang sudah banyak diperjual belikan di toko-toko obat pertanian.

Pupuk organik dapat diberikan pada waktu persiapan lahan budidaya jahe gajah dan jahe merah, dengan kebutuhan pupuk kandang pada tanaman jahe sekitar 15-25 ton/ha, dilakukan antara 2-4 minggu sebelum proses penanaman dimulai.

Sedangkan untuk pupuk susulan dapat menggunakan pupuk organik dengan varian yang berbeda, jika memang ingin melakukan budidaya jahe gajah dengan sistem murni organik, apabila ingin memadukan organik dan anorganik, pupuk susulan untuk bibit jahe gajah maupun budidaya jahe merah dapat diberi pupuk kimia susulan.

Dengan demikian, pemberian pupuk sangat dianjurkan baik pemilihan pupuk organik maupun anorganik. Namun, perlu diingat pemberian pupuk harus disertai dengan dosis yang tepat sesuai dengan umur jahe gajah yang di tanam.

Bagi anda yang sedang membutuhkan bibit jahe merah, bibit jahe gajah dan mengetahui cara budidaya jahe, silahkan menghubungi kami di :

Admin 1          : 0878-3839-3451

Admin 2          : 0812-2830-5869

Admin 3          : 0899-8869-758

PIN BB           : 579D8E32

Perlunya pemupukan dalam budidaya jahe

Perlunya pemupukan dalam budidaya jahe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *