Syarat tumbuh dalam budidaya jahe gajah

Syarat tumbuh dalam budidaya jahe gajah

Budidaya jahe gajah secara umum dipengaruhi oleh lingkungan biotik maupun abiotic. Pengaruh lingkungan biotik terhadap tanaman jahe gajah meliputi semua macam hama, penyakit, gulma, dan tanaman penyela yang tumbuh disekitar tanaman jahe gajah.

Sedangkan pengaruh lingkungan abiotic terhadap tanaman jahe, memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan tanaman jahe. Diantaranya adalah pengaruh iklim. Iklim sangat penting dalam budidaya jahe gajah. Akan tetapi tidak semua iklim cuaca dapat menguntungkan, hanya beberapa iklim tertentu yang dapat membantu pertumbuhan tanaman jahe gajah.

Factor-faktor iklim yang mempengaruhi budidaya jahe gajah adalah :

  1. Radiasi sinar matahari

Dalam budidaya jahe gajah perlu diperhatikan juga asupan sinar matahari yang telah diserap. Karena akan membantu fotosintesis. Sinar matahari juga dibutuhkan untuk pembentukan rumpun rimpang agar membesar. Sehingga apabila mendapat bibit jahe gajah tidak cocok ditanam pada lingkungan yang ayom (tidak terkena sinar matahari) karena Cuma akan tumbuh daun, akan tetapi rimpang jahe gajah akan mengecil.

Penanaman jahe gajah dengan sistem guludan dapat meningkatkan luas permukaan sehingga dapat meningkatkan aborsi matahari, hal ini juga akan meningkatkan suhu panas tanah pada siang hari. Penggunaan sistem guludan dengan menggunakan mulsa, akan meningkatkan jumlah radiasi yang dipantulkan. Sehingga mempengaruhi jumlah radiasi yang dipantulkan dan diterima. Hal ini akan mempengaruhi laju fotosintesis sekaligus meningkatkan sumber produksi.

  1. Suhu udara

Setiap tanaman memerlukan suhu tinggi, terutama pada awal-awal fase generatif, akan tetapi perlu diingat pula, kadang-kadang suhu yang terlalu tinggi justru akan merusak jaringan tanaman dan mematahkan daun-daun sehingga over dalam menggugurkan daun. Hal ini pun berlaku dalam tanaman jahe, jahe gajah termasuk tanaman tropis. Sangat cocok tumbuh pada suhu sekitar 25 c-30c.

Suhu yang terlalu tinggi akan menghanguskan daun, sehingga berpotensi tinggi daun akan mengering (diatas 35c). begitu juga jika suhu terlalu rendah, menimbulkan umur bibit jahe gajah menjadi lebih panjang dan dapat berpengaruh pula terhadap pembentukan dan pertumbuhan anakan rimpang jeha gajah menjadi lebih lama (dibawah 20c).

  1. Ketinggian tempat

Penanaman bibit jahe gajah, sebenarnya hamper sama dengan penanaman bibit jahe merah. Pada dasarnya, jahe gajah dapat ditanam pada dataran tinggi maupun rendah, yaitu 1.500 mdpl. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan produksi hasil jahe gajah yang baik, maka ketinggian yang paling cocok adalah sekitar 500-950 mdpl.

  1. Curah hujan

Curah hujan merupakan factor penting dalam pertumbuhan tanaman. Curah hujan pun memeliki beberapa fungsi bermanfaat, khususnya bagi budidaya jahe. Diantaranya adalah sebagai pelarut nutrisi, pembentuk gula dan pati, sarana penyaluran hara tanah, penumbuh sel, enzim dan menjaga stabilitas suhu. Oleh karena itu air mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan rimpang jahe gajah.

Dari beberapa factor iklim diatas, ada lagi peran penting dalam pertumbuhan budidaya jahe gajah, begitu pula sama halnya seperti budidaya jahe merah adalah tanah. Dikarenakan tanah adalah tempat berkembangnya akar dan rimpang jahe gajah. Maka perlu diperhatikan PH tanah , tekstur dan juga kedalaman tanah . tanah yang terlalu becek berair tidak cocok untuk ditanami bibit jahe gajah, karena akan menyebabkan busuk rimpang dikarenakan kadar air terlalu banyak. Ph tanah yang cocok untuk budidaya jahe gajah adalah 4,3-7,4 dan kedalam tanah tidak lebih dari 30cm.

Demikian beberapa uraian kami semoga bermanfaat. Kami menjual bibit jahe gajah dan juga menjual bibit jahe merah. Bagi anda yang sedang membutuhkan bibit jahe merah, bibit jahe gajah dan mengetahui cara budidaya jahe, silahkan menghubungi kami di :

Admin 1          : 0878-3839-3451

Admin 2          : 0812-2830-5869

Admin 3          : 0899-8869-758

PIN BB           : 579D8E32

Syarat tumbuh dalam budidaya jahe gajah

Syarat tumbuh dalam budidaya jahe gajah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *