Peluang usaha olahan jahe

Peluang usaha olahan jahe

Alam Indonesia sejak dulu kala, terkenal akan hasil alam yang berlimpah. Terutama rempah-rempah yang dulu kala banyak di cari oleh penjajah, karena kualitas rempah-rempah Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Selain sebagai penghasil rempah-rempah masyarakat Negara ini pun mempunyai kekayaan kuliner yang kental dengan beragam bumbu rerempahan.

Salah satu diantara jenis rerempahan tersebut adalah jahe, merupakan jenis rempah yang memiliki bau sedap khas dan mudah untuk dibudidayakan. Budidaya jahe telah dilakukan masyarakat kita sejak lama. Sehingga ketersediaan rimpang jahe cukup melimpah.

Selain rimpang jahe konsumsi yang melimpah, ketersediaan bibit jahe pun tergolong cukup mudah di dapatkan. Sehingga bagi para penyuka rempah ini yang ingin menanamnya dapat memperoleh bibit jahe di sentra-sentara pembibitan tanaman.

Adapun bibit jahe beragam jenis dan varian harganya. Mulai dari bibit jahe merah yang memiliki kandungan minyak atsiri lebih pedas dari jenis jahe lainnya, harga dari jahe merah sendiri pun cukup mahal dari lainnya, pun tidak terlalu banyak yang membudidayakan.

Jenis kedua adalah jahe gajah, jenis jahe ini termasuk jenis yang banyak di cari. Karena ketersediaan jahe gajah biasanya diperuntukan untuk keperluan ekspor. Pencarian  Bibit jahe gajah pun tidak kalah banyaknya. Dikarenakan permintaan ekspor jahe gajah dari luar negri selalu meningkat, maka peluang pasar untuk budidaya jahe gajah sangat terbuka lebar.

Untuk jenis ketiga adalah jahe emprit. Jenis jahe ini memiliki bentuk kecil, dan biasa digunakan untuk bumbu dapur , banyak di jual di pasar-pasar tradisional. Keberadaannya tidak sulit dijumpai, juga ketersediaan rimpang jahe emprit pun sangat melimpah.

Dari ke tiga varian jenis jahe di atas, dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi jika ada nilai tambah dalam pengolahan pasca panen jahe. Sering kali kendala yang dihadapi saat musim panen jahe adalah apabila jahe di panen dalam usia yang muda. Jahe muda tidak dapat bertahan lama saat disimpan di gudang. Baik itu jahe merah, jahe gajah maupun jahe emprit.

Oleh karena itu di perlukan pengolahan secara cepat dan tepat agar jahe tetap layak dikonsumsi, terutama saat panen raya dengan hasil melimpah. Salah satu solusi untuk menjawab persoalan ini adalah dengan membuat produk olahan jahe, disamping sebagai solusi panen raya juga dapat memberikan nilai tambah yang akan mendongkrak produk.

Diantara olahan jahe yang dapat dilakukan adalah :

  1. Membuat minuman jahe sachet.
  2. Membuat /merajang jahe kering.
  3. Membuat awetan jahe.
  4. Membuat minyak atsiri jahe.
  5. permen jahe.
  6. Dan masih banyak lagi olahan jahe.

Demikian sedikit ulasan tentang peluang usaha olahan jahe yang dapat sedikit kami share kan. Semoga bermanfaat bagi anda. bagi anda yang anda yang berminat budidaya jahe. Kami menyediakan bibit jahe merah dan bibit jahe gajah.

Silahkan menghubungi kami di :

Admin 1          : 0878-3839-3451

Admin 2          : 0812-2830-5869

Admin 3          : 0899-8869-758

PIN BB           : 579D8E32

Peluang usaha olahan jahe

Peluang usaha olahan jahe

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *