Jahe merah sebagai simplisia alami

Jahe merah sebagai simplisia alami

Simplisia adalah bahan alamiah yang dipergunakan sebagai obat yang belum mengalami pengolahan apapun juga terkecuali jika dinyatakan lain. Simplisia berupa bahan yang dikeringkan. Simplisia dapat berupa simplisia hewani, simplisia nabati dan simplisia mineral. Adapun simplisia nabati salah satunya bisa diambil dari hasil panen budidaya jahe merah.

Simplisia nabati adalah simplisia yang berupa tanaman utuh, bagian tanaman, atau eksudat tanaman.  Dari pengertian tersebut, simplisia nabati dapat dijadikan olahan teknologi pasca panen jahe merah. Tanaman budidaya sangat baik untuk dijadikan simplisia, dikarenakan simplisia hasil budidaya terutama olahan dari budidaya jahe merah akan menghasilkan kualitas baik yang stagnan.

Pemilihan jahe merah sebagai sumber simplisia nabati sangat berpengaruh terhadap pemilihan bibit pra tanam. Diantaranya adalah pemilihan bibit jahe merah kualitas baik  sebelum tanam sangat mempengaruhi hasil akhir pembuatan simplisia nabati.

Untuk memenuhi kriteria minimal pembuatan simplisia berkualitas, maka faktor-faktor dibawah ini perlu diperhatikan :

  1. Bahan baku simplisia
  2. Proses pembuatan simplisia termasuk bahan baku dan cara penyimpanan
  3. Cara pengemasan dan penyimpanan simplesia.

Sedangkan untuk cara pembuatan simplisia secara umum dapat menggunakan cara berikut :

  1. Pengeringan
  2. Fermentasi
  3. Proses khusu (penyulingan , pengentalan eksudat)
  4. Tambahan air (ex: pada pembuatan pati)

Mutu suatau ekstrak dari simplesia dalam hal ini pemilihan simplisia dari hasil budidaya jahe merah dapat ditinjau dan dipandang dari senyawa kimia yang dikandung di dalamnya seiring dalam paradigm ilmu kedokteran modern, bahwa respon biologis yang diakibatkan oleh ekstrak pada manusia disebabkan oleh senyawa kimia.

Kandungan kimia bermanfaat dan menyehatkan dapat diambil dari kandungan senyawa yang terdapat di dalam jahe merah. Bagai manapun juga tidak dapat dipungkiri daya Tarik dari tanaman jahe merah baik secara pengobatan maupun potensi keuntungan dalam mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi siapa saja yang membudidayakan atau bagi yang menjual jahe merah dan juga bagi para penyedia pusat penjual bibit jahe merah.

Sehingga ini lah waktu dan cara yang tepat menambah penghasilan bagi para petani. Menjadi petani jahe merah adalah pilihan tepat, ketersediaan bibit jahe merah juga terbuka nya pasar penampung hasil panen, membuat bisnis ini sangat menjanjikan.

Sebagai tanaman seling yang masih berupa jahe, para petani juga dapat mencoba budidaya jahe gajah, selain ukuran yang jumbo, hasil panen dari bibit jahe gajah juga melimpah. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dalam dunia pertanian jahe, selain jahe adalah hasil asli  bumi Indonesia, petani juga dapat ikut melestarikan sumber alam Negara. Jika bukan kita, lalu siapa lagi yang akan melestarikan nya?

Ayo segera ambil keputusan untuk berbudidaya jahe, sebelum kesempatan ini berlalu begitu saja. Segera hubungi kami di :

Admin 1          : 0878-3839-3451

Admin 2          : 0812-2830-5869

Admin 3          : 0899-8869-758

PIN BB           : 579D8E32

 

Jahe merah sebagai simplisia alami

Jahe merah sebagai simplisia alami

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *