Memilih pola tanam tepat dalam budidaya jahe

Memilih pola tanam tepat dalam budidaya jahe

Budidaya jahe secara serentak pada daerah tertentu kemungkinan dinilai cukup rasional, dikarenakan mampu menghasilkan jumlah produksi yang tinggi.  Namun, di beberapa daerah lain budidaya jahe secara serentak kurang di sarankan.

Apabila penentuan pola tanam dalam budidaya jahe merah maupun jahe gajah secara tumpang sari dengan tanaman lain telah dipilih, maka ada baiknya diperhatikan beberapa ke untungan-keuntungan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan produktivitas lahan.
  2. Menekan biaya kerja (pemeliharaan tanaman).
  3. Memperbaiki sifat fisik dan mengawetkan tanah akibat rendahnya pertumbuhan gulma (tanaman pengganggu).
  4. Mengurangi kerugian akibat naik turunnya harga.

Di beberapa lahan penanaman, penanaman bibit jahe dapat di selengi atau ditumpangsarikan dengan sayur-sayuran, seperti ketimun, bawang merah, cabe rawit, buncis, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa jahe yang di selingi atau di tumpangsarikan dengan tanaman palawija. Adapun tanaman yang juga sering di sandingkan dengan tanaman jahe adalah jagung, kacang tanah, kacang tunggak, dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya.

Fase penentuan pola tanam ini sangat mempengaruhi budidaya jahe ke depannya, baik pengaruh dari segi pemeliharaan tanaman maupun hasil produksi rimpang jahe sesuai yang diharapkan.

Selain itu, untuk mendapatkan kualitas panen jahe yang baik, tentu para pembudidaya jahe harus mengerti dan memahami cara budidaya jahe terlebih dahulu. Apabila pembudidaya jahe sudah memahami tata cara bertanam, maka akan lebih mudah dalam merawat tanaman jahe.

Ada lagi langkah krusial yang harus diambil dalam menanam jahe, yaitu dengan pemilihan bibit. Tentukan lah bibit dari penjual bibit jahe yang sudah memiliki track record yang jelas dalam penjualan bibit. Karena dengan ketersediaan bibit yang baik akan menghasilkan produk rimpang yang baik pula.

Salam sukses bagi anda, semoga artikel di atas dapat membuka wawasan bagi anda yang ingin berbudidaya jahe dalam jenis apapun. Selamat mencoba, semoga langkah awal yang anda ambil ini mengantarkan anda pada perubahan hidup yang mensejahterakan.

Bagi anda yang berminat mencoba budidaya jahe gajah maupun budidaya jahe merah, jangan khawatir dan panic. Karena kami menyediakan bibit jahe merah dan bibit jahe gajah dengan kualitas bagus dan harga terjangkau. Silahkan menghungi kami di :

Admin 1                               : 0878-3839-3451

Admin 2                                  : 0812-2830-5869

Admin 3                                 : 0899-8869-758

PIN BB  (jahe merah)                         : 579D8E32

PIN BB (jahe gajah)            : 5F700F53

Memilih pola tanam tepat dalam budidaya jahe

Memilih pola tanam tepat dalam budidaya jahe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *