Cara mudah membersihkan sisa tanah pada rimpang saat pemanenan

Cara mudah membersihkan sisa tanah pada rimpang saat pemanenan

Tahapan terakhir dalam budidaya jahe merah yang dinanti-nanti adalah tahap memanen. Sebaiknya sebelum panen harus  ditentukan terlebih dulu ingin memanen jahe merah berapa? apakah akan di panen  pada usia konsumsi atau usia bibit. Jika usia konsumsi yang diinginkan oleh para peternak, maka pemanenan bibit jahe merah bisa dilakukan pada usia 8 bulan. sedangkan  apabila menginginkan memanen jahe merah pada usia tua (bibit) yang di pilih, maka pemanenan dapat dilakukan pada usia 12 bulan ke atas.

Beberapa ciri-ciri jahe merah yang sudah siap panen adalah daun mulai menguning dan batang mulai mengering. Jika ingin saat pemanenan nanti petani jahe merah tidak perlu susah payah membersihkan tanah yang menempel pada rimpang jahe, maka petani yang membudidaya jahe dapat memotong batang tunas jahe merah 2 bulan sebelum masa panen, tapi dengan syarat memang benar-benar akan dipanen, karena kalau sudah dipotong namun jahe merah tidak jadi dipanen akan berakibat rimpang di dalam menjadi busuk.

Dengan cara memotong batang tunas jahe merah 2 bulan sebelum panen, hal ini juga dapat memotong akar-akar serabut pada rimpang jahe merah secara alami, sehingga saat proses pembersihan tidak akan memakan waktu lama juga mempersingkat untuk proses pemasaran hasil panen.

Setelah pemotongan selesai, dalam jangka waktu tertentu dapuran jahe merah sudah siap dibongkar, gunakan cangkul atau pun scop untuk mempermudah pembongkaran rimpang jahe merah, harus dilakukan dengan hati-hati agar rimpang tidak patah sehingga tidak mengurangi harga jual.

Kemudian para petani bisa melihat hasilnya, jahe merah yang dipanen dengan tehnik pemotongan batang tunas akan menghasilkan rimpang jahe merah yang lebih bersih dari tanah maupun dari akar, sehingga petani tidak perlu mencuci bisa langsung dijemur dan di pasarkan. Selamat mencoba beberapa tips dari kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk pembaca semua.

Bagi anda yang tertarik budidaya jahe merah, kami menyediakan bibit jahe merah kualitas unggul, kami juga menyediakan bibit jahe gajah berkualitas. Untuk anda yang menghendaki pelatihan budidaya jahe merah maupun budidaya jahe gajah, kami siap membantu anda. silahkan bisa menghubungi kami di :

  1. HANDPHONE :

XL                   : 0878-3839-3451

SIMPATI        : 0812-2830-5869

3                      : 0899-8869-758

WHATSAPP :

XL                   : 0878-3839-3451

3                      : 0899-8869-758

PIN BB           : 579D8E32

Cara mudah membersihkan sisa tanah pada rimpang saat pemanenan

Cara mudah membersihkan sisa tanah pada rimpang saat pemanenan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *