Khasiat Jahe untuk Kecantikan dan Teman Diet yang Ajaib

Dilansir dari Detik.com, jahe mengalami peningkatan permintaan di pasaran. Peningkatan permintaan jahe merah instan bahkan menapai tiga kali lipat dari biasanya. Diduga, peningkatan permintaan ini berkaitan dengan merebaknya virus corona di Indonesia. Jahe, khususnya, jahe merah dipercaya ampuh meningkatkan imun tubuh. Sehingga, tubuh lebih kebal dari virus dan penyakit. Hal ini berbanding lurus dengan permintaan bibit jahe merah yang juga makin tinggi.

Jahe merah memang telah lama dijadikan sebagai tanaman obat oleh masyarakat Indonesia. Khasiatnya yang banyak ampuh menangkal berbagai penyakit. Namun, siapa sangka, rimpang-rimpangan satu ini juga memiliki manfaat yang untuk kecantikan. Selain itu, jahe merah juga dapat menjadi makanan lezat bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Tak lama lagi bulan ramadan tiba. Orang muslim akan segera menjalankan ibadah puasa. Seringkali, ketika puasa kita kalap saat buka puasa tiba. Semua makanan rasanya ingin disantap. Alih-alih menurunkan berat badan ketika bulan Ramadan, yang terjadi malah berat badan melonjak. Ini adalah mimpi buruk bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat.

Namun, Anda tak perlu risau. Khasiat yang terkandung dalam jahe merah dapat membantu diet Anda. Anda bisa membuat hidangan dari jahe merah untuk saur ataupun berbuka. Kandungan pada jahe dipercaya dapat menekan nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Pernah terbit suatu artikel di steptohealth.com bahwa air jahe memiliki kandungan yang dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Dalam kadar tertentu tubuh membutuhkan gula. Namun, gula yang berlebih hanya akan memunculkan penyakit. Jahe merah punya fungsi untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh bila dibutuhkan. Selain itu, air jahe juga dapat membantu sistem pencernaan.

Jadi, untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, ada baiknya mengonsumsi air jahe hangat dengan sedikit gula atau tanpa gula. Sebab, sama bila Anda mengonsumsi jahe, tapi tetap makan gula secara berlebihan.

Sebuah kabar baik bagi Anda yang gemar minum teh. Sebab, jahe sangat cocok dipadukan dengan teh. Di bawah ini adalah cara membuat teh jahe untuk program menurunkan berat badan:

Bahan

  • 2 inci (5 cm) jahe cincang halus (atau dua sendok teh jahe kering)
  • 4 gelas (1 liter) air yang disaring
  • 2 sendok makan (30 ml) perasan lemon
  • 1 – 2 sendok teh madu

Alat

  • Panci kecil
  • Kompor
  • Sendok

Anda bisa memulai dengan memasak air teh di panci kecil hingga mendidih. Matikan api dan masukkan jahe cincang. Setelah jahe masuk, tutup panci dengan penutup dan diamkan selama waktu  kurang lebih 5 menit. Hal itu berfungsi untuk mencegah senyawa baik yang terkandung dalam jahe keluar melalui uap.  

Setelah itu selesai, saring hingga bersih. Tunggu sampai teh jahe dingin. Setelah agak dingin, Anda bisa langsung mencampurkan perasan lemon dan madu. Air yang terlalu panas dapat menghancurkan khasiat yang terkandung dalam madu. Anda dapat menikmati minuman ini tiap dua atau tiga kali sehari. Jika itu bulan ramadan, Anda bisa membikin minuman ini untuk berbuka dan sahur.

Namun, tak hanya itu saja kandungan baik yang dimiliki oleh jahe merah. Seperti dilansir dari laman halodoc, ada 7 manfaat jahe merah untuk kecantikan.

Jahe dapat mengatasi jerawat pada wajah

Jahe terkenal mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang cukup banyak. Jadi, tak mengherankan bila rimpang ini dapat mengatasi jerawat pada wajah. Kandungan anti-inflamasi di dalam jahe mampu mencegah munculnya jerawat. Tak ada salanya bagi Anda yang merasa memiliki masalah dengan jerawat untuk mulai memanfaatkan jahe merah sebagai perawatan alternatif. Untuk Anda yang sudah terlanjur berjerawat, jahe membuat jerawat kering lebih cepat

bibit jahe merah
bibit jahe merah

Jahe mengatasi bekas paparan sinar matahari

Sunburn seringkali menimpa orang yang terlalu sering terpapar matahari. Apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Matahari bersinar lebih lama dan tentunya lebih panas. Sunburn membuat kulit terasa perih, memerah, dan membikin sensasi seperti rasa terbakar. Jika Anda merasakan hal tersebut, jahe adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi gejala sunburn tersebut.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Luka seringkali membikin orang menjadi minder. Apalagi luka yang ada pada wajah. Untuk mempercepat penyembuhan luka, Anda bisa memanfaatkan jahe. Kandungan anti-inflamasi dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Namun, Anda perlu hati-hati. Sebab, wajah adalah area yang sangat sensitif. Jadi, Anda harus lebih teliti dalam memilih bahan perawatan mana yang pas dengan tipe kulit wajah Anda.

Melembabkan kulit

Jahe dapat Anda gunakan sebagai perawatan guna mengembalikan kelembaban alami kulit. Perawatan ini juga harus ditunjang dengan konsumsi air putih yang banyak.

Mengontrol minyak wajah

Minyak berlebih pada wajah dapat memicu munculnya jerawat. Jahe dipercaya dapat menurunkan minyak pada wajah.

Mencerahkan kulit

Kulit yang cerah diidamkan banyak orang. Jahe dapat mencerahkan kulit karena jahe dapat mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Wajah yang bersih akan terlihat lebih cerah dan tak kusut. Anda dapat menggunakan jahe sebagai srub.

Menyamarkan bekas luka

Selain itu, anti-inflamasi dalam jahe dapat menyamarkan bekas luka. Anda bisa lebih percaya diri dengan rutin memanfaatkan jahe.

Itulah manfaat jahe untuk diet dan perawatan kecantikan wajah. Apabila Anda tertarik untuk memulai budidaya jahe merah, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit jahe merah unggulan yang terpercaya.  Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851